Tuesday, January 24, 2017

Goa Seplawan Purworejo


Goa Seplawan Purworejo
Tak hanya tempat wisata berupa pantai, Purworejo juga memiliki potensi wisata goa. Goa yang ada di Purworejo adalah Goa Seplawan. Di Goa Seplawan Purworejo ini anda dapat menyaksikan ornamen yag indah di dinding goa. Goa Seplawan berada di tengah hutan Pinus yang indah dan asri. Panjang Goa Seplawan Purworejo adalah sekitar 700 meter dan lebar 15 meter. Lokasi Wisata Purworejo Goa Seplawan adalah di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Jika berencana berwisata ke Yogyakarta dan mencari alternatif tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, maka datanglah di wisata alam pegunungan menoreh tepatnya di kawasan wisata Goa Seplawan di Desa Donorejo. Berada di ketinggian sekitar 900an mdpl menjadikan tempat ini begitu sejuk.

 Goa Seplawan adalah salah satu goa yang berada di kabupaten Purworejo. Goa ini terletak di gugusan bukit menoreh perbatasan Kab Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, sekitar 20 kilometer ke timur dari pusat kota Purworejo dan berada di sekitar 700 meter dari Permukaan laut.


Goa seplawan terletak di pegunungan menoreh yang membentang dari kecamatan Bagelen Purworrejo hingga kabupaten Magelang. Dan goa seplawan masuk wilayah kabupaten Purworejo Jawa Tengah dan di sebelah timur berbatasan langsung dengan kabupaten Kulonprogo Yogyakarta.Lokasi Goa Seplawan Tepatnya berada di desa Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo Jawa Tengah. Memasuki kawasan wisata Goa Seplawan, hawa sejuk begitu terasa disini.  Lokasi goa seplawan berada tak jauh dari area parkir, pengunjung cukup berjalan beberapa meter saja.

 Sebelum memasuki goa seplawan, pengunjung akan disuguhi patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Dulu, Sekitar tahun 1979 bersamaan ditemukannya goa Seplawan kala itu ditemukan pula patung emas dan berdasarkan identifikasi ahli sejarah waktu itu merupakan patung Dewa Siwa dan Parwati. Saat ini patung tersebut disimpan di museum Nasional Jakarta dan sebagai tanda ditemukan benda bersejarah maka dibuat patung replika. Dengan ditemukannya patung tersebut menandakan bahwa goa seplawan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.
Goa Seplawan itu merupakan peninggalan sejarah peradaban masa lalu terbukti dengan ditemukannya sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 2,5 kg. pada 15 Agustus 1979  di salah satu sudut goa
Arca Kencana itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan. Para ahli arkeolog meyakini bahwa patung itu adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati, Arca itu merupakan peninggalan pada zaman Hindu Siwa. Kini arca tersebut disimpan di Museum Nasional dan sebagai gantinya Pemerintah membangun replika arca didepan mulut goa, replika itu ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya .

Ada sebagian ahli sejarah juga menyatakan bahwa di sekitar Goa Seplawan pada jaman dahulu pernah di tinggali oleh Ratu atau Raja, hal tersebut diperkuat dengan ditemukan Lingga Yoni yang melambangkan Kesuburan dan Kemakmuran .
Selain memiliki keistimewaan sebagai situs pra sejarah, Pesona Alam disekitar Goa Seplawan memang menghampar indah dan menyejukan, ada juga keistimewaan lainnya yaitu keindahan goa Seplawan itu sendiri. Goa itu memiliki ornamen-ornamen yang sangat indah dan mengagumkan seperti adanya stalaktit dan stalakmit dengan ukuran beraneka ragam.

Ornamen lainnya pun tak kalah menariknya seperti Flow stone, helektit, soda straw, gowerdam dan lain-lain.
Salah satu hal yang lebih menarik lagi bahwa di dalam goa terdapat sumber air yang menyegarkan dam di atas telaganya terdapat tulisan kuno yang berbunyi Saplo wan yang memiliki arti saplu : suci . wan : manusia yang bisa diartikan manusia suci atau tempat mensucikan manusia ada cerita mistik yang berkembang barang siapa yang membasuh muka dengan air di dalam goa seplawan dan memiliki niat yang baik dengan berdoa penuh keiklasan pada Allah SWT Insya allah akan segera terjawab ke inginannya.


Untuk Selusur goa seplawan bisa dilakukan oleh siapa saja karena sangat aman dan mudah tanpa peralatan khusus. Di dalam goa sudah tersedia lampu penerangan yang menerangi sepanjang jalur wisata goa seplawan.  Untuk menuju mulut goa harus melewati jalan paving yang melingkar dan menurun. Untuk menuju goa pengunjung harus menuruni tangga yang tersedia. Berada di mulut goa anda sudah merasakan keajaiban alam berupa stalaktit dan stalakmit yang beraneka ragam nan indah. Berjalan beberapa meter pengunjung akan mendapati sebuah kolam dengan airnya yang jernih. Perjalanan tidak berhenti disini, karena ini baru awal. Untuk melanjutkan selusur goa seplawan, pengunjung harus naik tangga kecil dan masuk lorong goa yang bisa dilalui  satu orang saja.

Namun setelah melewati lorong tersebut, pengunjung akan melihat keindahan goa seplawan. Pengunjung akan terkagum-kagum karena ternyata goa seplawan memiliki diameter yang besar dan memanjang sepanjang lebih dari 700 meter. Goa seplawan ini memiliki jalur buntu, karena tidak ada tembusan ke titik tertentu. Jadi untuk keluar goa harus jalan balik dan keluar melalui pintu masuk. Goa ini memiliki cabang-cabang yang banyak, dan cabang-cabang tersebut tidak disediakan lampu penerangan karena beberapa jalur tersebut berupa goa vertikal dan ada juga yang berlumpur sehingga sering disebut istana lumpur. Untuk memasuki cabang goa tersebut harus membawa alat penerangan sendiri dan harus dengan pemandu

Goa Seplawan mempunyai panjang kurang lebih sekitar 500 Meter sedangkan cabang-cabang goa sekitar 150-300 meter.
Sedangkan jalur yang khusus untuk para pengunjung sudah ada penerangan lampu sedangkan untuk cabang-cabang goa tidak dipasang lampu karena kondisinya yang berlumpur. Lokasi obyek wisata Goa Seplawan sangat mudah di capai karena Akses jalan untuk kendaraan roda empat bisa mencapai lokasi dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasana seperti tempat parkir kendaran, kamar mandi/WC, Mushola kecil yang sederhana, Gashebo, Gardu Pandang, Aula untuk Pementasan / Pertemuan dan juga ada taman-taman bunga yang indah.

Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo berbatasan langsung dengan kabupaten Kulonprogo. Bila pengunjung dari arah kota Yogyakarta maka bisa mengambil rute ke arah Samigaluh melalui jalan Godean. Kemudian lurus ke arah Goa Kiskendo. Setelah sampai goa Kiskendo lihat papan petunjuk arah menuju Goa Seplawan / Purworejo. Maka anda cukup mengikuti jalan tersebut dan anda akan sampai di Goa Seplawan. Fasilitas goa seplawan sudah lumayan lengkap mulai dari area parkir, kamar mandi dan WC, Mushola dan tersedia warung-warung sehingga jika lapar setelah selusur goa bisa memesan makanan sembari menikmati keindahan dan kesejukan kawasan goa seplawan.

Jika berkenan datang ikuti route ini : Dari Purworejo – ke arah Kec Kaligesing melalui Cangkrep – Brenggong – Plipir – Kaliharjo- Kaligono – Donorejo
 atau menggunakan Primkopol jalur 44 dari terminal Pasar Baledono Purworejo Dari Jogja / Magelang / Godean / Wates : bisa melalui Kenteng Nanggulan arah Jonggrangan jatimulyo – Tlogoguwo – Donorejo. Untuk panduan jikala anda melihat ada lima Tower Seluler yang berjajar di atas Gunungkelir berarti itu dekat dengan lokasi Goa Seplawan.

 BACA JUGA:



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2017 Visit Indonesia | Distributed By Kangkomar.net | Designed By Kangkomar.net
Scroll To Top