Thursday, February 2, 2017

pasar bunga bandungan

pasar bunga bandungan

Lokasinya kurang lebih 7 km dari Kota Ambarawa yaitu di tepi Gunung Ungaran dengan tinggi 900 meter di atas permukaan air laut. Suasana tempat ini sangat indah dengan udara yang segar membuat anda rileks. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke obyek wisata yang satu ini adalah horsen tour guna melihat keindahan bunga, sayuran, serta rempah yang ada di perkebunan.
Fasilitas yang tersedia di lokasi ini antara lain adalah penginapan, hotel, bungalow, pasar buah, serta pasar tradisional yang menjual beraneka ragam barang dan makanan seperti susu kacang segar dan kue kacang. Berjalan sejauh beberapa kilometer dari lokasi ini ada peternakan dengan bukit-bukit yang bertingkat-tingkat serta dapat anda lihat juga tanaman tembakau.
Salah satu tempat produksi utama bunga potong yang ada di Jawa Tengah berada di Bandungan ini. Beberapa jenis bunga yang ada di sini antara lain adalah krisan, lili, gladiol, amarilis, mawar, aster, gerbera, dahlia, tagetes, dan lain sebagainya

Jika Anda pecinta bunga, maka tak ada salahnya jika saya rekomendasikan berkunjung ke Bandungan. Karena di sini sungguh luar biasa indahnya. Udara yang sejuk membuat badan menjadi segar. Bandungan adalah daerah di kaki gunung Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Di Bandungan Anda dapat merasakan sejuknya udara pegunungan. Bandungan terletak di pegunungan, dengan jarak sekitar 3 km dari Candi Gedong Songo. Anda juga bisa melihat suasana gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, gunung Sindoro, dan gunung Sumbing.

Pasar Bandungan sungguh menarik dikunjungi. Pasar ini sering diseebut Pasar Kembang Bandungan, ada pula yang menyebut Pasar Sayuran Bandungan, karena memang pasar ini merupakan sentra penjualan bunga-bunga potong dan sayur-mayur segar khas daerah lereng pegunungan. Meski hanya sebuah pasar tradisional biasa, Pasar Bandungan sangat populer sebagai pasar wisata. Para pelancong yang berkunjung ke Bandungan, umumnya tidak melewatkan kesempatan untuk mampir berbelanja. Sayur-mayur yang dijual di pasar ini memang relatif murah dan masih terlihat sangat segar karena memang baru saja di panen oleh para petani disana.

Orang yang menyukai bunga, maka ia akan merasa senang dan hatinya tenteram manakala di melihat bunga-bunga yang indah. Selain indah dipandang, bunga-bunga yang cantik juga melambangkan romantis pada pasangan. Bunga biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa cinya pada pasangannya. Acara makan malam yang disajikan dengan bunga mawar merah juga diyakini membuat suasana menjadi romantis.

Anda akan terkesima jika sudah tiba di Bandungan. Di sini Anda tidak perlu khawatir untuk penginapan. Banyak hotel melati yang ada di Bandungan. Anda bisa dengan sesuka Anda menikmati suasana liburan dia akhir tahun atau pada saat liburan anak sekolah. Jika ke Bandungan jangan lupa pergi ke pasar bunga Bandungan. Di pasar ini dekat dengan pasar tradisional Bandungan. Meskipun pasar bunganya tidak besar, namun bagi Anda pecinta bunga akan merasa senang jika melihat bunga-bunga yang cantik. Jika ke pasar bungan Bandungan, jangan sampai di atas pukul 09.00 karena pasar sudah bubar. Anda harus datang dari pukul 04.30 sampai sebelum pukul 09.00.

Selain bunga potong, di pasar ini juga akan menemukan deretan kios-kios pedagang tanaman hias yang terlihat segar, asri mempesona. Mereka berjajar di sisi kanan jalan setelah pasar menuju ke arah lokasi wisata Candi Gedong Songo. Aneka macam bunga anggrek, terutama phalenopsis dan dendrobium dipajang di sana. Harganya tidak jauh beda dengan harga di kota besar seperti Semarang. Daerah seperti Bandungan memang ideal bagi pertumbuhan tanaman hias berbunga, khas habitat iklim dingin pegunungan. Namun sebaiknya berhati-hati jika ingin membelinya, karena jenis-jenis tanaman hias berbunga ini belum tentu cocok di tanam di rumah anda. Sayang sekali kan, kalau sampai di rumah, tanaman akan ngambek berbunga, atau bahkan mati karena lingkungan (suhu dan ketinggian tempat) yang berbeda dengan di tempat tinggal anda.

Buah-buahan yang paling populer dari daerah Bandungan adalah kelengkeng. Jika anda perhatikan di sepanjang jalan, anda akan menemukan hampir  di setiap halaman rumah penduduk terdapat pohon kelengkeng berbatang besar-besar dan terlihat sangat tua. Tanaman kelengkeng memang telah lama di budidayakan di Bandungan, rasanya manis, harum, dan daging buahnya relatif tebal, meskipun tidak setebal kelengkeng impor yang banyak beredar di pasaran.

Jika Anda dari arah timur, lewat timur dan utara melewati Kota Semarang, maka Anda harus menuju ke arah terminal Bawen dulu terus ke arah Bandungan. Jika Anda dari arah selatan seperti Solo dan Jogja, Anda bisa melewati Salatiga dan ikuti ke jalah arah ke Ambarawa. Jika Anda dari arah barat, maka Anda bisa lewat temanggung dan menuju ke Bandungan


BACA JUGA:



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2017 Visit Indonesia | Distributed By Kangkomar.net | Designed By Kangkomar.net
Scroll To Top