Tuesday, January 31, 2017

museum kereta api ambrawa, unik dan antik

museum kereta api ambrawa, unik dan antik

Museum Kereta Api merupakan destinasi wisata sejarah yang berada di jawa tengah, merupakan tempat wisata bersejarah karena kita akan disuguhkan nuansa mesin-mesin kereta api zaman penjajahan kolonial belanda. Di objek wisata museum bersejarah ini kita akan di berikan pengetahuan tentang macam-macam kereta api dan benda-benda mesin lokomatif yang di museumkan karena keunikannya

Bagi sebagian traveler, wisata sejarah merupakan salah satu jenis wisata yang cukup menyenangkan, karena selain berlibur kita juga mendapatkan banyak pengetahuan mengenai sejarah zaman dahulu.

Awalnya Museum Kereta Api Ambarawa merupakan sebuah stasiun kereta zaman dahulu, namun karena sebagian jalurnya sudah tidak beroperasi lagi, jadi tempat tersebut dialih fungsikan menjadi Museum.Di kawasan Museum Kereta Api Ambarawa kita dapat menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjaya di zamannya, beberapa lokomotif yang cukup populer adalah lokomotif bernomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG . Kereta api uap tersebut cukup unik karena termasuk 1 dalam 3 kereta api uap bergerigi yang tersisa di dunia, dua diantarnya berada di Swiss dan India. Tak hanya itu saja, di Museum Kereta Api Ambarawa masih terdapat berbagai macam jenis lokomotif uap lainnya. Mulai dari seri B, C, D hingga jenis yang paling besar, yaitu CC (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) yang terpajang di halaman Museum.

Museum Kereta Api Ambarawa Terletak di kabupaten Semarang, tepatnya di jalan Stasiun Ambarawa No. 1 Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Museum ini merupakan salah satu Tempat Obyek Wisata Jawa Tengah yang mempunyai banyak sejarah karena memiliki koleksi kereta api uap terlengkap pada zaman pemerintahan hidia-belanda. Akses menuju museum sangat mudah, jika dari arah semarang akses jalan yang harus kita lewati menuju arah Ungaran, setelah sampai di pertigaan Bawen kita menuju ke arah Jogjakarta (Belok Kanan) menuju tugu Palagan Ambarawa.

Puas melihat-lihat koleksi di Museum, kini saatnya kamu mencoba kegiatan lain yang lebih seru, yaitu Ambarawa Railway Mountain Tour atau berpetualang dengan naik kereta api uap. Jadi selain berkeliling di dalam Museum kita juga bisa berjalan-jalan menggunakan kereta api uap dengan jalur Ambarawa – Bedono pp (pulang pergi) dan Ambarawa – Tuntang pp. Atau kita juga bisa naik kereta lori dengan jalur Ambarawa – Tuntang pp, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik dengan samar-samar Gunung Merbabu yang terlihat gagah.

 Uniknya lagi, dalam perjalanan ini kita akan menggunakan jalur kereta api bergerigi yang hanya bisa ditemukan disini saja. Tour kereta api ini memiliki jarak sekitar 35 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk jalur Ambarawa – Bedono, sedangkan untuk jalur Ambarawa – Tuntang hanya memiliki jarak kurang lebih 7 km saja

Puas berkeliling di Museum, sebelum pulang sempatkanlah mampir di toko-toko sekitar Museum, disitu kita bisa membeli oleh-oleh khas Museum Kereta Api Ambarawa seperti miniatur kereta dan apapun yang berhubungan dengan kereta api.

bagaimana kapan mau berwisata ke museum kereta api ambarawa?????



BACA JUGA:



0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2017 Visit Indonesia | Distributed By Kangkomar.net | Designed By Kangkomar.net
Scroll To Top