Monday, January 30, 2017

wisata candi arjuna di banjarnegara

wisata candi arjuna di banjarnegara


Komplek Candi Arjuna merupakan candi Hindu tertua di Indonesia yang terdapat di kawasana Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara Jawa Tengah. Kelompok Candi ini terdiri dari lima candi tersusun dua deret, deret sebelah timur terdiri dari empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi,Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Deret sebelah barat menghadap ke timur yaitu Candi Semar. Candi Arjuna diperkirakan dibangun pada tahun 809 M masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri. Pada Candi-candi ini digambarkan Dewa-dewa pendamping utama Agama Hindu yaitu Brahma, Siwa dan Wisnu

Mengunjungi kompleks Candi Arjuna akan membawa Anda menemukan arca yang biasanya memang menghiasi bangunan candi. Anda akan melihat ruangan kosong yang biasa digunakan untuk meletakkan arca. Sebagian besar arca yang berasal dari kompleks ini disimpan dalam Museum Kailasa, yang letaknya tidak begitu jauh dari kompleks candi. Sementara itu, sebagian yang lain sudah hilang entah kemana. Candi Arjuna yang menjadi candi utama yang terdapat di kompleks diperkirakan sebagai candi yang memiliki usia paling tua. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh raja dari Mataram Kuno.

Salah satu daerah di Jawa Tengah yang memberikan suguhan panorama yang apik adalah di Dataran Tinggi Dieng. Di sana banyak terdapat candi-candi yang kawasannya sangat luas. Diperkirakan, candi yang terdapat dalam kawasan tersebut terhitung mampu menempati area hingga 90 hektare. Sangat luas bukan? Apakah seluruh wilayah tersebut dipenuhi dengan candi-candi ? Apakah tidak ada hal menarik lain yang bisa kita jumpai? Kiranya begitulah pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak Anda ketika membaca artikel ini. Nah, dari sekian banyak wilayah candi yang terdapat di wilayah tersebut hanya ada sebagian candi yang telah selesai pada tahap restorasi. Nah, salah satu candi yang terdapat dalam wilayah tersebut yang menjadi wilayah terluas adalah kompleks candi Arjuna.

Mendengar istilah kompleks candi Arjuna yang muncul di dalam benak kita adalah salah satu tokoh yang terdapat dalam pewayangan. Ya, tokoh yang digambarkan memiliki paras yang rupawan dan bagus budi pekertinya. Meninggalkan tokoh pewayangan, kompleks candi Arjuna yang terdapat di Jawa Tengah ini terdapat di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang memiliki luas kompleks sebesar 1 hektare.



Di kompleks ini terdapat lima bangunan buah candi yang terdiri atas candi Semar, Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, dan Candi Sembadra. Selain candi Semar, keempat candi lainnya digunakan sebagai tempat peribadatan. Nah bisa Anda bayangkan betapa menariknya ketika kita berkunjung di area yang memiliki kahan yang luas ini ? Kita bisa belajar sejarah, namun tetap bisa merasakan keindahan menikmati hari libur dan suasana di sekitar kompleks candi tersebut. Jika dilihat dari bentuk candi dan ornamen yang menyertai candi tersebut, diperkirakan pembangunannya dilakukan pada masa yang berbeda-beda.


Selain kelima candi tersebut, terletak sekitar 200 meter sebelah barat dari Kompleks Candi Arjuna, terdapat Candi Setyaki. Candi Setyaki terdiri dari dua bangunan, tapi hanya satu bangunan yang berdiri – itupun tidak lengkap karena bagian atas candi belum terpasang. Sementara, satu bangunan lain hanya berupa dasar bangunan.Candi Setyaki juga merupakan candi yang dibangun untuk memuja Dewa Syiwa. Melihat relung dan gaya bangunan, 


Candi Setyaki diperkirakan dibangun pada masa yang sama dengan Candi Arjuna.Candi Arjuna diperkirakan dibangun lebih awal dibandingkan dengan candi-camdi yang lainnya. Sementara itu, Candi Sembadra merupakan candi yang dibangun terakhir. Candi Arjuna sangat kental akan sarat nilai kebudayaan India. Bentuk serta ornamennya pun mengikuti kebudayaan India. Dengan demikian, ketika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan nuansa India yang begitu kental. Di sinilah Anda pun memiliki kesempatan untuk memperbanyak koleksi foto. Tentu saja ketika berwisata, aktivitas seperti inilah yang paling ditunggu?

demikian info seputar candi arjuna di banjarnegara jawa tengah,semoga bermanfaat
BACA JUGA:




0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2017 Visit Indonesia | Distributed By Kangkomar.net | Designed By Kangkomar.net
Scroll To Top